4 Rekomendasi Alat Bantu Dengar Untuk Lansia Yang Tepat

Posted on

Setelah beberapa hari yang lalu kita membahas tentang minyak kelapa, mari kita sekarang membahas tentang alat kesehatan untuk lansia. Seiring bertambahnya usia, manusia akan mengalami berbagai penurunan fungsi organ. Salah satu penurunan fungsi organ yang kerap dialami oleh lansia adalah kurang tajamnya pendengaran. Gangguan pendengaran pada lansia berpotensi menambah risiko kematian bagi lansia. Hal itu disebabkan karena gangguan ini mempengaruhi kesehatan serta kualitas hidup mereka.  Maka dari itu, banyak lansia yang membutuhkan alat bantu dengar untuk beraktivitas sehari-hari. Alat bantu dengar untuk lansia banyak sekali tapi jangan sampai salah dalam memilih yang tepat dan bagus.

Tips Memilih Alat Bantu Dengar Untuk Lansia Yang Tepat

Untuk memilih alat bantu dengar untuk lansia yang berkualitas, mungkin anda perlu menyimak tips-tips dibawah ini. Berikut adalah tips memilih alat bantu dengar untuk lansia .

1. Periksa Ke Dokter THT Terlebih Dahulu

Jangan buru-buru memutuskan untuk mencari alat bantu dengar untuk lansia, Ada baiknya anda memeriksakan lansia terlebih dahulu ke dokter THT. Hal ini diperlukan untuk mengetahui  dengan jelas derajat gangguan yang diderita oleh lansia tersebut. Setiap gangguan pendengaran memiliki tingkatan atau derajat masing-masing. Maka dari itu, diperlukan alat bantu pendengaran yang berbeda sesuai tingkatan tersebut.

2. Mencari Tahu Lebih Banyak Sebelum Membeli

Anda harus banyak mencari informasi tentang alat bantu untuk pendengaran. Ketika anda banyak mencari informasi, maka ada banyak rekomendasi produk yang anda ketahui. Anda dapat mencocokkan alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mencari tahu di situs pencarian seperti google, atau menanyakan review dari teman atau keluarga yang tunarungu.

3. Pilihlah Alat Bantu Dengar Untuk Lansia Yang Resmi Dan Bergaransi

Hal ini penting diingat sebelum membeli alat bantu dengar untuk lansia.  Usahakan alat bantu tersebut memiliki garansi. Garansi yang dimiliki produk menjamin bahwa alat bantu dengar yang Anda beli  berkualitas. Alat bantu dengar untuk lansia yang bergaransi memiliki segel resmi. Garansi juga berfungsi sebagai langkah antisipasi jika produk mengalami cacat produksi atau kerusakan. Anda dapat menukar produk rusak tersebut dengan produk pengganti baru yang lebih baik.

4. Mencari Toko Offline Atau Online Yang Bagus Dan Terpercaya

Anda harus mengetahui apakah toko yang anda kunjungi benar-benar terpercaya. Saat ini, cukup banyak barang palsu yang dijual oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Hal ini juga penting bila anda membeli produk secara online. Pastikan online shop tersebut merupakan distributor resmi dari alat bantu untuk lansia tersebut. Anda akan mendapatkan produk asli, bergaransi juga berkualitas.

5. Membeli Alat Bantu Dengar Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada banyak alat bantu dengar untuk lansia yang tersedia di pasaran dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Masing-masing alat bantu tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Namun, anda jangan sampai kalap dalam memilih. Jangan pilih alat bantu dengar untuk lansia hanya karena murah. Pilihlah Alat bantu dengar sesuai kebutuhan lansia tersebut. Jangan sampai tergiur harga murah sampai menyesal karena kualitas produk yang dijanjikan tidak sesuai klaim atau kebutuhan lansia yang memakainya.

6. Perhatikan Performa Alat Bantu Dengar

Apabila Anda telah memahami berbagai tipe alat bantu dengar untuk lansia yang sesuai,  pertimbangkan  performanya juga. Meskipun tipenya sama, performa yang dimiliki alat bantu dengar tersebut bisa jadi berbeda-beda. Ada alat yang hanya bisa digunakan dalam hitungan jam. Selain itu, ada juga alat  yang mampu bertahan berhari-hari. Biasanya, kebanyakan orang memilih menggunakan alat bantu dengar yang dapat  bertahan hingga beberapa hari. Alat bantu dengar untuk lansia dengan fitur serta performa yang baik biasanya dibanderol dengan harga mahal. Namun, hal ini masih tergantung pada bergantung pada suara dan noise yang dihasilkan. Maka dari itu, Anda harus lebih jeli dalam memilih alat bantu dengar seperti apa yang sesuai untuk Lansia tersebut.

Rekomendasi Alat Bantu Dengar Untuk Lansia

Setelah mengetahui tips memilih alat bantu dengar untuk lansia, anda mungkin memerlukan beberapa rekomendasi. Rekomendasi produk-produk dibawah ini dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan lansia yang memakainya. Berikut rekomendasi produk alat bantu dengar untuk lansia yang dapat anda pilih.

1. Alat Bantu Dengar Cybersonic : MKT-051

Alat bantu dengar ini merupakan alat bantu dengar termurah diantara model lainnya. Cybersonic memproduksi alat bantu dengar BTE yang dapat dipakai oleh setiap orang dengan maksimal desibel 130dB (penderita ringan hingga sedang). Seperti tips diatas, anda harus memeriksakan diri ke THT untuk memastikan nilai rentang gangguan pendengaran anda. Alat bantu dengar ini cocok untuk kalangan remaja sampai lansia. Bentuknya pun tidak kuno dan hampir sama dengan model BTE merk terkenal lainnya. Anda dapat membeli alat bantu dengar ini dengan harga Rp. 135.000 di mitrakesehatan.com.

2. Alat Bantu Dengar Hearing Aid BION V-99 : MKT-092

Hearing Aid Bion V-99 adalah alat bantu dengar berbentuk pocket yang tersambung ke headset. Tipe V-99 ini tidak menggunakan amplifier pada headset, namun berada pada unit pocketnya. Produk ini tampil dengan design elegan dan kokoh dengan lapisan alumunium. kualitas suara yang dihasilkan pun  powerful sehingga cocok untuk lansia. Cara penggunaan alat Aid BION V-99 ini hanya perlu diletakkan di kantong celana, baju atau dikaitkan di sabuk.

Maka secara otomatis unit pocket menangkap suara dari luar tanpa terganggu suara yang ada di kantong. AID Bion V-99 direkomendasikan sekali untuk aktifitas sehari hari, traveling, atau naik haji. Menariknya, produk ini sedang diskon di mitrakesehatan.com. Khusus promo hari kemerdekaan sampai bulan September, alat bantu dengar ini dibanderol dari harga Rp.490.000 menjadi Rp.390.000.

3. Alat Mini BTE Axon F-136 High- Quality : MKT-048

Mini BTE Axon F-136 High-Quality : MKT-048 merupakan perangkat yang memiliki berat ringan hanya 8 gram dari pada model BTE lainnya. Alat ini termasuk lebih ringan dan mudah  digunakan oleh semua kalangan termasuk lansia. BTE Axon F-136 High-Quality : MKT-048 bisa digunakan untuk penderita ringan hingga berat. Mini BTE Axon F-136 ini memiliki desibel maksimal 130dB yang sangat jernih dan jelas. Produk ini juga sedang diskon di mitrakesehatan.com. Dari harga sebesar Rp. 245.000, anda dapat membelinya dengan harga Rp. 195.000 saja.

4. Alat Bantu Dengar Model ITE Axon K-82 : MKT-046

Alat Bantu Dengar Model ITE Axon K-82 : MKT-046 Merupakan alat bantu dengar yang cukup dikenal dan umum dipakai di masyarakat. Salah satu kelebihan produk ini adalah awet hingga bertahun tahun. Axon K-82 hadir dalam bentuk seperti headset mini. Axon K-82 memiliki teknologi Harmonic Wave Distortion yang secara otomatis dapat mengurangi kebisingan.

Alat ini memberikan keuntungan berbicara pada  lawan dengan jelas, tanpa takut salah berbicara atau miss communication. Axon K-82 pun sudah dilengkapi dengan 3 buah eartip yang dapat disesuaikan dengan ukuran lubang telinga pengguna. Produk ini dapat anda beli dengan harga Rp. 180.000 (dari harga sebelumnya Rp. 225.000) di www.mitrakesehatan.com pusat penjualan alat-alat kesehatan berkualitas.