hewan tupai kelapa
Foto tupai kelapa lucu

Mengenal Ciri, Habitat dan Makanan Tupai Kelapa

Posted on

Tupai ini tinggal di pohon kelapa, tentunya mereka gemar memakan buah kelapa muda maupun tua. Meskipun kulit dari kelapa itu keras, namun jenis bajing ini sanggup untuk melubangi kelapa dengan gigi dan cakarnya yang tajam.

Oleh karena kebiasaannya yang memakan kelapa, maka para petani kelapa menganggap hewan ini sebagai hama dan sebisa mungkin memberantas hewan hewan ini untuk menghindari hasil panen dimakan oleh tupai ini.

hewan tupai kelapa
Foto tupai kelapa lucu | via masjawa.com

Walaupun para petani kelapa menganggap hewan ini sebagai hama dan memberantas-nya, namun seiring berjalannya waktu mulai bermunculan para pecinta hewan yang memburu tupai ini untuk keperluan jual-beli agar dipelihara. Dengan kesempatan ini akhirnya petani diuntungkan karena selain mencegah gagal panen, tupai ini pun dapat dijual.

 

Ciri tupai kelapa

Mamalia kecil ini memiliki ekor panjang seperti sikat. Panjang kepala dan tubuhnya 15-25 cm dan ekornya 16-21 cm. Pada bagian atas tubuh berwarna kecokelatan dengan bintik-bintik halus berwarna hitam dan kuning. Pada bagian samping tubuh tupai ini terdapat garis berwarna kuning dan hitam.

Menurut sumber, pada beberapa jenis tupai kelapa, garis ini agak pudar dan tidak begitu mudah terlihat sekilas. Pada bagian perut tupai kelapa berwarna jingga atau kemerahan, yang biasanya terang tapi ada juga yang berwarna gelap.

Kebanyakan warna bulu dari tupai kelapa tergolong bervariasi, mulai dari abu-abu hingga coklat gelap. Ekor pada tupai kelapa berwarna coklat kekuningan dan memiliki belang-belang berwarna hitam. Biasanya pada ujung ekor berwarna kemerahan

 

Habitat tupai kelapa

Walaupun dari namanya Tupai Kelapa, tetapi tupai ini tidak selalu tinggal di pohon kelapa melainkan ada juga yang tinggal di pohon lain asalkan pohon yang ditinggali ada buahnya dan aman dari gangguan manusia. Tetapi tupai ini lebih sering ditemui di pohon kelapa karena kelapa merupakan makanan yang mereka suka.

 

Makanan tupai kelapa

Tupai kelapa sebenarnya gemar memakan buah-buahan apa saja tapi mereka cenderung menyukai buah dengan tekstur kulit yang keras. Disamping untuk dimakan, tupai kelapa memilih buah dengan tekstur keras untuk mengasah giginya juga. Tapi tidak jarang mereka memakan kacang-kacangan.

 

Siklus hidup tupai kelapa

Tupai kelapa akan melakukan perkawinan lebih dari satu kali sepanjang hidupnya, namun jarak antar perkawinan cukup jauh. Biasanya satu kali dalam setahun. Tupai kelapa tergolong mamalia yang artinya ia hewan yang menyusui anaknya. Anak tupai kelapa akan menyusu hingga beberapa minggu setelah kelahirannya sampai bisa mencari makanan sendiri yang akhirnya akan hidup sendiri.

Tupai Kelapa atau Bajing Kelapa merupakan salah satu dari keluarga hewan Sciuridae (pengerat) yang biasa bersarang pada pohon kelapa yang biasanya jauh dari keramaian manusia.