Macam-Macam Kesenian Khas Betawi

Posted on

Budaya adalah salah satu warisan dari generasi ke generasi dari nenek moyang kita sampai ke kita sekarang ini. Budaya biasanya terdiri dari sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, kesenian , pakaian, bangunan. Begitu juga dengan Betawi yang memiliki beraneka ragam budaya salah satunya dalam kesenian. Budaya Betawi dalam bidang kesenian ada banyak sekali, menurut  data dari Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, ada 4 kesenian khas Betawi yang paling populer dan kesenian tersebut sering juga dijadikan sebagai tradisi untuk menyambut para tamu negara, 4 kesenian tersebut diantaranya adalah

Ondel-ondel

ondel-ondel

Ondel-ondel adalah salah satu kesenian Betawi dalam bentuk boneka. Biasanya boneka tersebut dibuat setinggi 2.5 meter dengan diameter lubang bawah 80 cm, itu bertujuan untuk mempermudah orang untuk masuk keboneka tersebut karena untuk menggerakka boneka ondel-ondel tersebut harus masuk kedalam boneka tersebut melalui bawah. Ondel-ondel biasanya ditampilkan secara berpasangan yaitu ondel-ondel pria dan ondel-ondel wanita.

Lenong

lenong

Lenong adalah salah satu kesenian betawi berupa teater rakyat betawi. Lenong pertama kali muncul atau dikenalkan pada tahun 1920-an. Kesenian Lenong memiliki 2 alur cerita, yaitu Lenong Denes yang bercerita tentang kerajaan atau kaum bangsawan, dan Lenong Preman yang berkisah tentang kehidupan rakyat sehari-hari.

Tanjidor

tanjidor

Tanjidor adalah salah satu kesenian betawi berupa musik. Musik Tanjidor sendiri berasal dari perkebunan Belanda yang berada di Batavia. Dulunya musik ini dipersembahkan budak-budak semasa penjajahan Belanda ditujukan kepada menir-menir Belanda.

Tari Belenggo

tari belenggo

Tari Belenggo adalah salah satu kesenian betawi, dari namanya sendiri sudah terlihat bahwa ini adalah kesenian tari. Tari Belenggo ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tari belenggo ini diiringi oleh 3 rebana yang berbeda ukuran, terkadang diganti juga menggunakan biola dan alat musik sampan cina. Semua pemain Tari ini semuanya terdiri dari laki-laki dan gerakannyapun terbatas.